Sabtu, 13 Agustus 2011

MEMBUAT DIRI SENDIRI BAHAGIA DAN ATAU MEMBAHAGIAKAN ORANG LAIN

Kebahagian, adalah hal yang mutlak diperlukan oleh setiap manusia. Kebahagian akan membawa kita pada perasaan dan kehidupan yang lebih baik. Dimana akan selalu ada semangat dalam menjali kehidup sehari-hari.
Berbicara tentang kebahagian, adalah hal yang sudut pandang dan cara meraihnya sangat relatif. Kebahagian yaitu suatu kondisi dimana hati kita merasa senang setelah mendapatkan apa yang kita inginkan. Mengapa dikatakan relatif??? Jawabannya tentu karna setiap perasaan, cara pikir, sudut pandang, dan gaya hidup manusia berbeda-beda.

Membuat diri sendiri bahagia??? Ya, mutlak perlu dilakukan agar hidup kita berjalan lebih nyaman. Tapi apakah mesti dengan merusak kebahagian orang lain (saudara kita)??? Untuk orang yang berhati jawabannya tentu tidak. Kebahagian tersebut dapat diraih dengan lebih banyak cara. Daripada merenggut kebahagian orang lain... kenapa kita tidak mencara jalan lain??? Dengan melihat ke sekeliling kita, lihat keadaan mereka yang lebih terpuruk dari kita, lihat mereka yang tidak lebih beruntung dari kita, lihat mereka yang tidak dapat menikmati masa hidupnya dengan lebih baik dari kita. Selain itu, berfikirlah positif. Segala kejadian pasti memiliki hikmah dan merupakan bagian dari perjalanan yang sangaaaaaat panjangggg.... dan akan mengantarkan kita pada pemikiran yang lebih dewasa dan bijaksana. Orang yang mimiliki prasangka yang buruk masuk pada kelas 3 (direktur Kirin di film drama Dream High ^^). Itu masuk akal, karena bila pikiran kita disesaki dengan prasangka yang buruk tentu kita akan jauh dari kebahagian. Setiap langkah orang lain akan kita anggap sebagai ancaman, dan bayangan ketakutan akan senantiasa menghantui.

Kebahagian diri... apakah itu cukup untuk hidup yang begitu bermakna ini??? Menurut pandangan saya itu tidaklah cukup! Ada orang lain di sekeliling kita, orang-orang yang tersenyum saat melihat wajah kita, orang-orang yang melambaikan tangan pada kita, orang-orang yang mengucapkan salam pada kita, dan lebih dari itu ada orang-orang yang mencintai dan menyayangi kita, yang rela mengorbankan diri mereka demi kita. Melihat hal-hal seperti itu, tentulah penting bagi kita untuk membuat orang lain merasakan kebahagian. Bagi saya, melihat orang lain tersenyum dan tertawa lepas lebih berarti dari senyum dan tawa saya. Saya bisa berdiri di belakang panggung jika bisa membuat mereka yang suka berada di atas panggung tersenyum. Hiduplah untuk kebahagian diri atau bahagiakanlah orang lain (Playful Kiss, dengan sedikit perubahan ^^).


Sering terdengar, bahwa kebahagian itu layaknya kupu-kupu. Semakin dikejar semakin menjauh dan hanya hinggap di tempat-tempat yang tenang dan bunga yang indah. Itu masuk akal, segala sesuatu sudah ada yang mengatur. Jika takdir baik belum sampai pada kita, mau dikejar bagaimapun tidak akan berhasil didapat. Tapi jangan sampai menjadikan hal tersebut alasan untuk hanya berdiam diri, karna untuk menjadi bunga yang indah haruslah tumbuh di tempat yang baik dan dengan parawatan yang baik pula ^^.

Jika dapat menemukan hal yang senantiasa membuat diri bahagia, tentulah hidup akan terasa lebih nyaman. Maka temukanlah... carii hal itu di setiap hal, saat anda mendengarkan musik, saat anda menari, saat anda menyanyi, saat anda menggambar, saat anda menulis, saat anda menyendiri dan menatap panorama, atau yang lebih dari itu semua saat anda mengingat Allah SWT, saat anda mengembalikan segalanya pada-Nya, saat anda mengucapkan syukur, saat anda membaca dan mendengarkan Al-Qur’an, dan saat anda bersujud dengan pasrah dan ikhlas pada-Nya. Selalu ingat, segala yang terdapat di dunia ini pastilah sirna, satu-satunya yang tidak akan sirna hanya Sang Pencipta semesta dan isinya, juga segala yang Dia kehendaki untuk keabadian. Jadilah orang yang berpikir, menatap kedepan, dan melakukan perbaikan-perbaikan. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar