Jumat, 19 Agustus 2011

Spiritttt and Motivation!!!!

Dua kata di atas sudah sangat familiar di telinga kita. Sering dibicarakan dalam media non maupun electronic. Meski demikian, percaya atau tidak dua hal ini merupakan dilema bagi sebagian besar orang. Banyak diantara mereka yang tidak memiliki semangat dan motivasi lagi, yang menjerumuskan pada hal-hal yang negatif (naudzubillah, semoga kita tetap dilindungi oleh Allah SWT... amiin). Dari mulai mabuk-mabukan, gila, sampai bunuh diri dapat dialami oleh orang yang sudah tidak memiliki semangat dan motivasi.

Oleh karena itu, maka sangatlah penting bagi kita, terutama para remaja yang sedang dalam masa sangat rentan. Saya punya beberapa beberapa saran yang dapat anda pertimbangkan guna menumbuhkan semangat dan motivasi. Cekidot!!!

     1.    Lihat sejauh mana km sudah beraksi
saat anda ingin meraih sesuatu, analogikan dengan perjalanan panjang yang anda tempuh  untuk mencapai suatu tempat. Saat anda merasa jenuh degan jalan itu, atau bahkan anda merasa sangat lelah karena jalan yang anda lalui teramat jelek, lihatlah anda telah berada dimana untuk membangkitkan semangat anda. Bicara pada diri anda sendiri, “kalo aku kembali, jarak aku ke titik awal sama saja dengan jarak yang aku tempuh untuk mendapatkan sesuatu yang aku idamkan.” , “ah aku sudah tanggung berjalan sampai kemari, lagi pula di sana ada yang aku inginkan, rintangan segini tidak ada apa-apanya.”

     2.    Lihat hasil yang akan km dapatkan
Ini merupakan resep yang sangat manjur buat memompa semangat, saat anda lesu dalam meraih yang anda dapatkan.. ingat-ingat kembali apa yang akan anda dapat dengan usaha anda.

     3.    Ingat-ingat orang yang akan anda buat merasa bangga dengan hasil yang anda peroleh
Bila dalam diri sendiri sudah benar-benar tidak ada hasrat, maka jalan ini merupakan jalan yang wajib ditempuh. Ingat-ingat dalam kepala anda, ada orang yang akan bangga dengan diri kita bila kita bisa. Teman, pacar, kerabat, sahabat, orang tua dan orang yang menyayangi anda akan merasa sangat senang dengan keberhasilan anda. Apakah anda tidak senang bila melihat orang lain senang dengan diri kita?????

     4.    Berprasangka baik
Saat usah kita sudah dirasa maksimal, tapi hasil yang diperoleh tidak seperti yang kita inginkan. Berprasangka baiklah. Karena denga begitu, anda akan terstimulus untuk kembali berdiri bergera menantang! Camkan dalam kepala anda, “TIDAK ADA SESUATU YANG TIDAK BERMANFAAT (untuk kegiatan yang baik tentunya^^).” Bila ketika akan ulangan apa yang kita pelajari tidak ada dalam soal ulangan, mungkin lain kali soal itu akan ada. Lagipula tidak ada yang salah dengan sebuah ilmu pengetahuan. Coba terapkan itu untuk hal yang lain.

     5.    Berwudu
Ini merupakan tindakan ajaib yang dapat mendongkrak semangat. Berwudhu dengan benar selain suci dari hadast kecil, juga memberikan efek segar pada diri. Dan itu akan memberikan semangat!!

     6.    Shalat
Saat anda merasa benar-benar lelah, shalatlah. Karena untuk shalat sebelumnya anda akan berwudhu, dan ketika anda shalat pikiran anda akan direfresh. Ketika takbiratul ikhram, unsur ruhiahna beralih.  Anda akan berkonsentrasi pada satu Zat saat anda shalat, dan itu akan merefresh otak anda, sehingga setelah anda shalat anda akan kebali merasa segar dan konsentrasi kembali stabil. (CATATAN : shalatnya yang khusyu, santai lah minimal, jangan kayak mau ngejar maling. :D )

    7.    Berpeganglah selalu pada Allah SWT
karena semangat dan motivasi adalah karunia dari-Nya.

     8.    Ingatlah kembali niat awal km
Selalu lakukan ini saat anda mengalami kejenuhan, dan niat anda hampir beralih.